Wednesday, 25 December 2013

Manajemen Keperawatan


KONSEP DAN PROSES MANAJEMEN KEPERAWATAN

FILOSOFI DAN MISI
1.      FILOSOFI
Filosofi keperawatan adalah pernyataan keyakinan tentang keperawatan dan manifestasi dari nilai-nilai dalam keperawatan yang digunakan untuk berfikir dan bertindak. TQM ( Total Quality Management ) adalah suatuu dasar filosofi manajemen, karakterisk filosofi tersebut meliputi :
1)      Institusi diberikan keleluasaan dalam menentukan tujuan yang hendak dicapai dan staf mempunyai otonomi dalam pengambilan keputusan tentang tugas yang diemban.
2)      Institusi diajarkan untuk membuat keputusan dalam meningkatkan kualitas kerja dan produktifitas kerja.
3)      Penekanan TQM adalah memonitor kualitas dimana secara terus menerus mengumpulkan data tentang pendekatan ilmiah kearah peningkatan kualitas.
4)      Rencana strategis untuk masa depan dapat melalui pembentukan suatu komitmen tentang kualitas dan produktivitas.
5)      TQM terus berupaya memenuhi kebutuhan masarakat.
Filosofi pelayanan keperawatan pada tatanan klinik / RS ditekankan pada :
1)      Hak pasien untuk mendaptan pelayanan dan menentukan kehidupannya.
2)      Setiap pasien harus dihargai sama tanpa membeda-bedakan agama,suku,warna kulit, status dan jenis kelamin.
3)      Askep yang diberikan ditujukan pada pemenuhan kebutuhan individu.
4)      Askep yang diberikan sebagai bagian integral dari pelayana kesehatan lainnya.
5)      Perlunya koordinasi dan kerjasama dalam memanfaatkan sumber daya yang ada dalam mencapai tujuan organisasi.
6)      Evaluasi secara terus menerus terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan.

2.      MISI
1)      Menyediakan askep yangh efektif dan efisien.
2)      Membantu mengembangkan dan mendorong suasana yang kondusif bagi pasien da staf keperawatan/ non keperawatan.
3)      Mengajarkan, mengarahkan, dan membantu dalam kegiatan professional keperawatan.
4)      Turut serta dan kerjasama dengan semua anggota tim kesehatan yang ada di RS.
Misi diartikan sebagai suatu langkah nyata dari profesi keperawatan dalam meaksanakan visi yang telah ditetapkan, yaitu menjaga dan mengawasi suatu proses profesionalisasi keperawatan Indonesia agar terus berjalan dan berkesinambungan.
Penjabaran visi dan misi dalam pelayanan keperawatan di RS, menurut Gillies (1989)  :
1)      Mengaplikasikan kerangka konsep dan acuan dalam pelaksanaan asuhan keperawatan.
2)      Mengevaluasi asuhan keperawatan yang diberikan.
3)      Menerapkan strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang efisien kepada semua konsumen.
4)      Meningkatkan hubungan yang baik dengan semua tim kesehatan.
5)      Menilai kualitas layanan yang diberikan berdasar standar criteria yang ada.
6)      Mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu dalam menilai dan memberikan intervensi keperawatan kpd pasien.
7)      Meningkatkan pendidikan berkelanjutan
8)      Berpartisipasi secara aktif dalam upaya perubahan model asuhan keperawatan
9)      Menciptakan lingkuungan kerja yang kondusif dan melibatkan staf dalam mengambil keputusan yang menyangkut ttg askep.
10)  Memberikan penghargaan pada staf yang berprestasi.
11)  Konsisten selalu meningkatkan layanan yang baik.
12)  Meningatkan pandangan masyarakat yang positif tentang profesi keperawatan.
13)  Mendukung renca usaha meningkatan kualitas asuhan keperawatan.

PROSES MANAJEMEN KEPERAWATAN
1.      Pengkajian – pengmpulan data
2.      Perencanaan
3.      Pelaksanaan
4.      Evaluasi

0 comments:

Post a Comment